Mau Dapat Uang Silahkan Daftar

News Update :
Home » , , » Menggambar Lingkaran Dan Segi Empat Java Applet

Menggambar Lingkaran Dan Segi Empat Java Applet

Penulis : bantal Cinta on Wednesday, December 19, 2012 | 6:58 AM

Masuk ke tahap selanjutnya dari pembelajaran sebelumnya tentang contoh dasar dan pengenalan java applet. Kini masuk step pembelajaran kedua tentang cara membentuk menggambar lingkaran dan segi empat di java applet.  

Sebelum menggambar sebuah lingkaran, kita membutuhkan sebuah kanvas atau media untuk menggambar. Untuk memenuhinya dapat menggunakan method paint() yang diambil class Graphics. Class Graphics memiliki metode  yang digunakan untuk menampilkan grafik. Setelah memiliki kanvas, sekarang kia membutuhkan pena/rol atau apapun itu yang dapat digunakan untuk membentuk lingkaran ataupun segi empat. Untuk membentuk sebuah lingkaran, dibutuhkan method drawOval sedangkan untuk menggambar segi empat dibutuhkan method drawRect. Dan untuk memberi warna pada lingkaran ataupun segiempat dapatmenggunakan method fillOval dan fillRect.
    drawOval Menggambar lingkaran
    fillOval Mengisi warna Gambar lingkaran
    drawRect Menggambar Segi Empat
    fillRect Memberi warna pada segi empat

    Daripada pusing ama teori yuk kita lihat saja pada implementasi source code nya.

    /*----------------------------------------------------------------*/
    /*-------------Nama : Ahmad Ariful Amri ------------------------*/
    /*-------------Program: lingkaran dan segiempat java applet-------*/
    /*-----------------visit: go-program.blogspot.com-----------------*/
    /*----------------------------------------------------------------*/
    import java.awt.*;
    import java.applet.*;

    public class A1 extends Applet {

    public void paint (Graphics g)
    {
    // menggambar lingkaran dengan memberi warna didalamnya
    g.setColor (Color.red);
    g.fillOval (10,10,100,100);
    //titikmulaisampingkiri, mulai atas, panjang, lebar

    // menggambar segiempat dengan memberi warna didalamnya
    g.setColor (Color.blue);
    g.fillRect (10,160,100,100);

    // menggambar lingkaran TANPA memberi warna didalamnya
    g.setColor (Color.green);
    g.drawOval (200,160,100,100);

    // menggambar segiempat TANPA memberi warna didalamnya
    g.setColor (Color.yellow);
    g.drawRect (200,10,100,100);
    }

    }

    Jika agan mau, silahkan donlod file .class nya yang sudah jadi di : http://ohgitu.googlecode.com/files/A1.class
    soalnya di blog berplatform blogger ini, tidak menuliskan sintaks menampilkan applet. selalu gagal
    Menggambar Lingkaran Dan Segi Empat Java Applet

    nah, source code nya yang beberapa baris cuma menghasilkan beberapa gambar kecil dan sederhana saja. sungguh menyedihkan ya. hahaha. Untuk hari ini sekian dulu pembelajarannya, jika ada hal yang ingin ditanyakan, dapat dilayangkan pada kotak komentar. Terima kasih :)

    Share this article :

    Post a Comment

     
    Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
    Copyright © 2011. Jendela Dunia . All Rights Reserved.
    Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger