Mau Dapat Uang Silahkan Daftar

News Update :
Home » , , » MAKALAH FISIKA DASAR : SPEKTOMETER PRISMA (DISPERSI CAHAYA)

MAKALAH FISIKA DASAR : SPEKTOMETER PRISMA (DISPERSI CAHAYA)

Penulis : Unknown on Wednesday, February 13, 2013 | 8:44 AM

LAPORAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR II
PERCOBAAN C O 14
(DISPERSI CAHAYA )







OLEH

solehan.com
Solehan Hans
H_ans







JURUSAN JATUH BANGUN
FAKULTAS KEHIDUPAN
UNIVERSITAS JAGAD RAYA
YOGYAKARTA
2013

Percobaan C O 14
Dispersi Cahaya

I.      Pendahuluan
       Dalam ruang hampa (vakum), kecepatan cahaya c adalah sama untuk setiap panjang gelombang atau warna cahaya, artinya kecepatan cahaya biru sama dengan kecepatan cahaya infra merah. Akan tetapi, jika sebuah berkas cahaya putih jatuh pada sebuah permukaan prisma kaca dengan membentuk sudut terhadap permukaan tersebut kemudian melewati prisma tersebut, maka cahaya putih itu akan diuraikan atau di despersikan menjadi spectrum warna. Fenomena ini membuat newton percaya bahwa cahaya putih merupakan campuran dari komponen-komponen warna. Dispersi atau penguraian warna terjadi didalam prisma karena kecepatan gelombang cahaya didalam prisma berbeda untuk setiap panjang gelombang.
Spectrometer adalah alat optic yang digunakan untuk mengamati dan mengukur sudut deviasi cahaya datang karena pembiasan dan dispersi.  Dengan menggunaka hukum Snellius, indeks bias dari kaca prisma untuk panjang gelombang tertentu atau warna tertentu dapat ditentukan.
II.    Tujuan

Setelah melakukan percobaan ini, diharapkan kita mampu :
1.     Menerangkan tentang disperse cahaya dalam medium dispersif
2.     Menggambarkan pengoperasian spectrometer
3.     Menjelaskan bagaimana menentukan indeks bias sebuah prisma

III.   Alat-alat yang diperlukan

1.     Spectrometer prisma
2.     Sumber cahaya dan pemegangnya
3.     Sebuah prisma

IV.   Teori
      Ilmuwan Newton telah menjelaskan adanya sifat pemantulan dan pembiasan dari cahaya yang percobaannya pernah dilakukan pada tahun 1620-an. Christian Huygens dengan percobaannya, menjelaskan bahwa cahay seperti halnya charakter, dimana cahaya yang dilewatkan pada celah sempit , maka pada celah tersebut seolah olah akan bertindak sebagai sumber yang baru. Keadaan ini yang dikenal sebagai prinsip Huygens. Tahun 1803, Thomas Young memperlihatkan adanya peristiwa interferensi cahaya. Percobaan ini mendukung adanya sifat bahwa cahaya adalah merupakan gelombang. Perkembangan teori ini mencapai puncaknya setelah Maxwell menemukan teory Unified tentang penjalaran gelombang elektromagnetik. .
Cahaya memancarkan sinarnya berasal dari sumber titik. Dari sumber ini cahaya memancar ke segala arah dengan muka gelombangnya berbentuk bola. Kulit bola berada pada satu muka gelombang.

      Untuk cahaya yang diteruskan ke medium kedua, akan mengalami pembelokan arah jalar. peristiwa ini disebut pembiasan atau refraksi

      Jika kita melihat benda yang berada didalam air maka benda akan kelihatan lebih dekat. hal ini karena peristiwa pembiasan (refraksi). Peristiwa pembiasan ini disebabkan oleh perbedaan kecepatan jalr cahaya di udara dan di medium lain, misalkan air, kaca. Prinsip ini dapat dikonstruksikan dengan menggunakan prinsip Huygens. Karena kecepatan jalar cahaya di kedua medium berbeda, maka dalam waktu yang sama jarak antara muka gelombang yang satu dengan yang berikutnya pada kedua medium akan berbeda. Untuk di medium 1 , maka dalam waktu t adalah V1 t, sedangkan untuk mediaum 2, adalah V2 t. Hukum pembiasan Snellius dapat diperoleh langsung dari prinsip Huygens.
 
 
==================================================================================
 
untuk melanjutkan makalah, silahkan download file-nya di bawah ini....!!!!
 file : Document


atau lewat



by : solehan.com

Share this article :

Post a Comment

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Jendela Dunia . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger